inhale every moment

everything has it's inspiring story

Muslimah Di Luar Negeri (2)

Pada bagian ini, saya ingin menuliskan perbedaan-perbedaan yang berkesan menurut saya:

Berbelanja

  1. Banyak self service counter, “self check out”, kassa dengan diri sendiri sebagai kasirnya. Kita bisa menyimpan belanjaan di satu sisi lalu memindahkannya ke sisi lainnya. Alat pemindai juga berfungsi sebagai timbangan. Di alas meja dengan barang yang sudah dipindai barcodenya juga memiliki timbangan untuk mencek ulang barang. Mesin ini menerima koin, bahkan 5cent, ataupun (pada mesin-mesin tertentu hanya) kartu.

    1439416757894

    kassa mandiri (sumber: smh.com.au) 

  2. Kartu bank berfungsi untuk membayar apapun. Fungsi autodebet untuk beragam pembayaran pun bisa, misal bayar langganan telfon, air, listrik, donasi, membayar denda dan lain sebagainya. Transaksinya pun hanya dengan menulis formulir super singkat ataupun via telefon (akan mereka rekam percakapannya).
  3. “It’s okay to change your mind”. Banyak sekali toko yang memudahkan kita untuk mengembalikan barang, bila dirasa ternyata salah ukuran atau sekedar ganti ‘mood’ atau keputusan. Jadi, berubah keputusan bisa diterima ketika asalnya minat terhadap sesuatu namun kemudian tidak jadi. Takkan selalu mereka ingin mengetahui mengapa. Namun, kadang juga membutuhkan alasan sebagai masukan untuk mereka.
  4. Ramahnya kasir, atau siapapun di telefon. Mereka akan selalu bertanya, “Hey how are you going?,” saat bertemu di kasir, lalu setelah selesai transaksi, mereka akan berkata, “Have a good day!”.

 

Bule Australia

  1. Ramah, kadang banyak bertanya, misal, saat saya membutuhkan legalisasi untuk fotokopian ijazah saya, petugasnya terus menerus mengajak saya berbicara, padahal iya sedang butuh konsentrasi untuk mengecap dan menuliskan tanggal. Lama pula dia harus melakukan hal itu karena saya memiliki sekitar 30 lembar untuk dicap, diberi keterangan dan ditandatangan. Ia menanyakan daerah saya tinggal, dan bilang dia pernah tinggal sekitar situ lalu memceritakan pengalamannya tinggal disana. Ia seorang pria, namun lihai bermulti tasking seperti ini.
  2. Tidak ramah. Ada juga terutama saat mabuk. Jam 9 malam ke atas.
  3. Ruang privat mereka besar. Balon ruang mereka besar. Tersenggol sedikit mereka akan merasa tidak dihargai. Jauuh sekali dengan kondisi orang Indonesia yang bisa berapat rapat di pasar ataupun bersinggungan saat mengantri

Antri. Orang Australia jago banget ngantri. Thumbs up. Di toilet, cara mengantri yang benar adalah di saat menemukan percabangan dimana akan menuju pintu-pintu toilet.

antri

Antri di toilet. Australia.

Artikel yang penting dibaca:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: