inhale every moment

everything has it's inspiring story

Menari Tari Topeng Kelana Cirebon di Melbourne

Tulisan ini saya buat sebagai tanda terima kasih saya kepada LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menempuh studi pascasarjana di Melbourne, Australia. Saya merasa kesulitan mengapai kesuksesan besar secara akademis di jenjang pascasarjana ini (baca: mendapatkan nilai cum laude), sehingga saya merasa kesuksesan saya terletak lebih kepada kehidupan non akademis saya. Saya memiliki minat dalam tarian tradisional Indonesia yang dengan kesempatan belajar di luar negeri ini, bisa saya tunjukkan. Saya pernah dengan sengaja selama 7 hari belajar tari topeng kelana Cirebon di Keraton Kacirebonan dan membeli kostum tari saya sendiri agar bisa menampilkan tarian ini di luar negeri. Terbayang kan betapa saya bukan penari yang ahli? Tujuan saya hanya memperkenalkan, sehingga durasi tarian yang saya pelajari pun tak lengkap, sekitar 6 menit dari kurang lebih 10 menit. Di dua semester pertama kuliah, saya sempat menari tari topeng kelana Cirebon, tunggal, di empat tempat. Berikut kumpulan foto yang teman-teman saya dokumentasikan untuk saya. Saya rasa menyimpan foto-foto di blog bisa bermanfaat menambah pilihan informasi mengenai gambaran tari topeng kelana ini. 1. April 2014, UMAC – Melbourne University

Tari Topeng Kelana Cirebon - Melbourne University  (April 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon – Melbourne University (April 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon - Melbourne University  (April 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon – Melbourne University (April 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon - Melbourne University  (April 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon – Melbourne University (April 2014)

Setelah penampilan ini, saya sempat bertemu dengan rekan wartawan Indonesia setempat. Mereka menuliskan sedikit tentang saya di sini…. 2. The Annual Satay Festival 2014

Backstage Photo

Backstage Photo

Backstage Photo - Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Backstage Photo – Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Backstage Photo - Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Backstage Photo – Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Tari Topeng Kelana Cirebon, Box Hill Town Hall (Mei 2014)

Terima kasih kepada Harizza Pertiwi (awardee LPDP juga) atas jepretan-jepretannya yang okeh! Sedikit liputan tentang Satay Festival dan secuil video saya menari ada di video berikut (menit ke 3:30): http://www.youtube.com/watch?v=TrFfVi7Yar0 3. Wallan Secondary College Pada kesempatan ini, saya yang tergabung dalam komunitas Saman Melbourne mengadakan workshop di sebuah sekolah. Saya sekaligus memperkenalkan kedua tarian ini, Topeng dan Likok Pulo (lebih dikenal dengan gerakan seperti tari Saman).

Tari Topeng Kelana di Wallan Secondary College (Oktober 2014)

Tari Topeng Kelana di Wallan Secondary College (Oktober 2014)

Tari Topeng Kelana di Wallan Secondary College (Oktober 2014)

Tari Topeng Kelana di Wallan Secondary College (Oktober 2014)

4. Gathering Saman Melbourne di Konsulat Jendral Republik Indonesia

Tari Topeng Kelana di Konsulat Jendral di Melbourne (Oktober 2014)

Tari Topeng Kelana di Konsulat Jendral di Melbourne (Oktober 2014)

Tari Topeng Kelana di Konsulat Jendral di Melbourne (Oktober 2014)

Tari Topeng Kelana di Konsulat Jendral di Melbourne (Oktober 2014)

IMG_1843

Tari Topeng Kelana di Konsulat Jendral di Melbourne (Oktober 2014)

Selain itu, saya ditawarkan teman saya untuk photo shoot di lokasi sekitar Melbourne CBD. Inilah hasil jepretan Anissa Trisdianty.

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di  Swanston Street - Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di Swanston Street – Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di depan Flinders Street Station - Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di depan Flinders Street Station – Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di  Swanston Street - Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di Swanston Street – Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di  Swanston Street - Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di Swanston Street – Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di  Federation Square - Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di Federation Square – Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di  Federation Square - Melbourne

Photo shoot dengan Topeng Kelana Cirebon di Federation Square – Melbourne

2015

5. Silaturahmi LPDP Jumat, 20 Februari 2015

10847297_10206046522067827_2548217513832436065_o

6. Moomba Parade

Tari topeng Cirebon di Moomba Festival 2015 Melbourne

Tari topeng Cirebon di Moomba Festival 2015 Melbourne

7. VILTA (Victorian Indonesian Language Teacher Association) Awarding Night – 5 June 2015

IMG_9562

Sekian. Maaf kalau overload informasi. Semoga kamu yang nanti berkesempatan tinggal di luar negeri bisa menampilkan sesuatu yang khas Indonesia juga ya🙂

susan sorry copy

Koala penari Topeng Kelana Cirebon oleh: Susan H. Krisanti

Related: Tulisan saya sebelumnya mengenai Belajar Tari Topeng Kelana Cirebon dan tarian lain yang saya minati Menari Saman di Melbourne

Leave a Reply

