inhale every moment

everything has it's inspiring story

Mengetahui diri sendiri

Katanya, mengetahui diri sendiri itu, bisa lewat apa yang kita tulis, atau yang kita keluarkan dari diri kita. Entah itu kita sebut karya atau sampah.

Saya adalah orang yang sering sekali pusing dengan dirinya sendiri. Saya bisa merasa otak saya sangat ribut. Apalagi jika hal-hal diluar saya, seperti keramaian, atau televisi yang mengeluarkan suara tanpa henti itu ada pula untuk menambah kepusingan ini. Rasanya sangat menekan. Saya kadang merasa sebentar lagi bisa-bisa urat kesadaran ini terputus karena berisiknya dunia ini.

Namun, Tuhan memang selalu memberi satu hari lagi. Lalu satu hari lagi. Lalu satu hari lagi. Hari yang menunggu untuk diisi yang dipenghujungnya menanti sebuah pengakuan bahwa hari ini saya telah menyelesaikan ini, ini dan itu. Satu hari lagi. Satu hari lagi, seakan berarti bahwa pekerjaanku di dunia ini belumlah tuntas. Masih ada lagi yang harus kuurus, kuselesaikan.

Yah. Saya tetap berusaha, agar setiap hari ada karya yang ‘berguna’ menurut parameter diri sendiri. Saya tahu saya tak seperti orang di sekitar saya pada umumnya, ketika berkata-kata adalah hal yang mudah. Namun, mungkin juga bukan tugas saya untuk berkata-kata banyak. Tapi cukup banyak juga kata-kata dalam bentuk tertulis. Mungkin ini cara “berisik” ala saya. Bila menemukan teman yang pendiam, mungkin dia memang memiliki pikiran yang berisik.

Suatu hari saya ingin menyendiri dan memandang padang rumput luas milik bandara. Seseorang mendekat dan memberi wejangan sangat panjang, seakan bila menyendiri dan memandang itu berarti memiliki masalah berat. Memang tak banyak ruang di dunia ini untuk para introvert.

Sebenarnya, inti tulisan ini apa ya? Hmm.. saya rasa, kata hati, kecendrungan perasaan itu adalah petunjuk-petunjuk Tuhan untuk menjadi diri sendiri. Menjadi diri sendiri yang unik, yang punya tugas tersendiri.

Untuk seorang introvert, menulis memang suatu terapi yang membebaskan dirinya dari otak mereka yang penuh. Namun, ketika orang lain membaca tulisan mereka yang tak banyak sensor itu, serasa seperti melepas baju, tanpa batas, melebur dalam pikiran yang si penulis, membiarkan orang lain masuk sesaat dalam pikirannya.

Tak apalah, asal tulisan itu tak mengganggu. Asal tulisan itu ada gunanya. Lah yang ini gunanya apa?

Sekarang saya bisa dengan lebih mudah mengatakan pada orang lain untuk suatu ajakan ke keramaian, dengan berkata, saya introvert, lebih baik tidak berada di keramaian, dan mengakui sifat-sifat diri sendiri.

Salam sejuk merinding dengan ayahku yang terpesona dengan LIVE AIR TRAFFIC, website yang menayangkan langsung posisi dan pergerakan pesawat sedunia.

Susan

4 comments on “Mengetahui diri sendiri

  1. Syahrul
    January 14, 2014

    Suka sama tulisan-tulisan kamu. Soalnya aku introvert juga.
    Salam.

    • krisanti
      January 15, 2014

      Halo. Salam kenal sesama introvert🙂

  2. candraayuwidyawati
    August 9, 2014

    Mungkin dirimu memiliki kecerdasan intuitif yang tinggi, Saudaraku.🙂
    Bahkan jika aku ingin berkata, siapa yang tahu jika dirimu memiliki pola kognitif dominan seorang INFJ dari sisi Myer-Briggs Personality. Aku hanya berpendapat dan aku sama sekali juga tidak ingin saklek dengan tipe kepribadian. Tapi kukatakan, pola yg ada di sana menunjukkan dominant cognitive function apa yang dimiliki kita. Yang tipe dominan masing2 orang hanya bisa valid ditentukan oleh seorang ahli psikologi. Buatku, halbitu sangat membantu mengenal diri sendiri dan mengendalikan pikiran ribut itu.

    Barakallah.

    • krisanti
      August 10, 2014

      Wah, terima kasih atas masukkannya😀

      Sekarang saya sedikit kesulitan memasukkan diri menuju alam tidur. Jadi kadang susah tidur, kadang butuh 2 jam berbaring lalu tidur, padahal sedang tidak banyak pikiran/masalah.

      tapi tak apa. semoga bisa teratasi dengan sendirinya. Amin

Leave a Reply

Information

This entry was posted on January 8, 2014 by in Uncategorized and tagged , .
