inhale every moment

everything has it's inspiring story

Bercerita

Saya suka menonton film. Ada cerita di dalamnya yang mengandung pesan tertentu yang ingin disampaikan, walau pesan itu kadang tak sampai sebagaimana yang diharapkan, bila itu disampaikan dengan kurang jelas, atau memang kapasitas pemikiran penonton yang tidak bisa kesampaian. Sebaiknya kita cukup peka untuk menangkap pelajaran dari apa yang tersaji. Saya rasa dengan mengasosiasikan cerita tersebut dengan sesuatu yang dekat dengan kita akan membuat cerita itu tak sekedar cerita, ia memiliki makna lebih dalam lagi. Cobalah.🙂

Saya tertegun, setelah menonton Hunger Games. Nama penulis ceritanya mirip denganku Suzanne Collins. Melihat karakter perempuan, Katniss, yang cantik, berani dan tidak berusaha membuat orang menyukainya, membuatku terpesona.

Persepsiku terhadap film itu adalah bahwa ceritanya sangat mengingatkanku pada Tuhan dan bagaimana ia melihat kita dan bagaimana Tuhan memainkan dunia ini. Selain itu juga mengingatkanku pada dunia “penuh konspirasi” entah itu kaum politik atau para selebritis.

Jika Anda berkesempatan menonton Hunger Games, coba posisikan, pengatur permainan adalah Tuhan. Ia mengatur segalanya, mengawasi Anda. Yang kupikirkan adalah bahwa sebenarnya, penonton dari apa yang kita lakukan hanya Tuhan, dan hanya Tuhan yang seharusnya kita pertontonkan apa itu yang kita lakukan. Jadi, sebenarnya dunia ini, hanya ada kau dan Dia. Yang lainnya hanya distraksi, hanya lembar-lembar ujian praktek PPKn dan Agama. Kau, dan hanya kau yang mengendalikan apa yang kau lakukan. Dan Dia, hanya menilai apa yang kau lakukan dan bukan apa yang dunia lakukan padamu. Yang jelas berbeda adalah, Tuhan tidak buruk seperti pengatur permainan dalam Hunger Games itu.

Jadi, kesimpulannya di mataku adalah, bila ingin bermain aman, bermain maksimal adalah dengan melakukan apa yang membuat Tuhan bahagia dan saya percaya apa yang membuat Tuhan bahagia adalah sesuatu yang membuat kita bahagia juga. Bahagia di sini yang saya maksud adalah ketenangan batin.

Lalu, dunia satunya, dunia “penuh konspirasi” yang bisa membuat seseorang menjadi bukan dirinya untuk membuat orang lain terkesan. Menjadi sangat labil, menjadi badut, menjadi “sesuatu yang menarik simpati publik”, itulah yang membuat seseorang menjadi bukan dirinya. Seseorang yang kebahagiaannya terletak pada apa yang orang lain pikir tentangnya. Betapa itu penjara yang menyakitkan dan menipu diri sendiri.

Ralat, kurasa itu bukan hanya di dunia “penuh konspirasi” orang terkenal. Itu juga hidup kita semua sehari-hari. Mengapa harus kita sekolah lalu kuliah lalu kerja lalu kaya lalu menikah dengan orang terpandang? Janganlah tertipu, bila dirimu yang sesungguhnya tidak begitu, tak perlu kau tipu dirimu untuk ikut pada “kebiasaan” masyarakat pada umumnya itu. Pindah negara atau pindah daerahlah, maka sistem semacam “kebiasaan” itu pun akan berbeda.

Isi otakku cukup rumit? Dan tak semua orang akan mau mendengar apa yang kupikirkan, jadi kutulis saja. Dasar saya introvert.

Oh, ya, selain film Hunger Games, film yang juga membuatku pusing adalah Avatar (yang makhluk-makhluk biru). Itu menurutku adalah cara hidup yang baik, berteman dan menghargai dan belajar dari alam  -walau memang ada hal-hal yang juga terlampau imajinatif-. Sekarang, kita sangat sulit menerima hal-hal sederhana. Kita belajar dari sesuatu yang menjadi pemikiran orang lain, yang sudah berupa tulisan, gambar, teks laporan dan apapun itu, dan cukup sulit untuk belajar langsung dari benda lain, misal daun, pohon, semut, rumput yang bergoyang, angin dan apapun hal lain itu, langsung dari mereka tanpa harus seseorang yang menerjemahkan hal itu untuk kita.

Saya juga suka menulis cerita. Kadang cerita bisa mengajarkan sesuatu pada orang lain, tanpa orang lain harus merasa diajari. Saya menulis cerita bukan untuk mengajarkan. Cerita saya adalah doa, harapan, bahwa suatu hari saya, dan banyak orang bisa memliki karakter-karakter baik.

Sudah 5 cerita singkat yang saya buat dengan iseng.

Cerita Agak Panjang, Nyanyian Mawar Merah -krisanti-

Cerita Agak Panjang, Nyanyian Mawar Merah
-krisanti-

Cerita tentang Batik Bilingual -krisanti-

Cerita tentang Batik
Bilingual
-krisanti-

Cerita di atas bisa diakses di http://indonesiasiap.wordpress.com/batik-motif-alert/

Cerita Bergambar "Kota yang Asyik" Bilingual -krisanti-

Cerita Bergambar
“Kota yang Asyik”
-krisanti-

Cerita Bergambar "Rama Si Penjelajah" Bilingual -krisanti-

Cerita Bergambar
“Rama Si Penjelajah”
-krisanti-

Cerita Bergambar "Yogi dan Bola Kebahagiaan" Bilingual -krisanti-

Cerita Bergambar “Yogi dan Bola Kebahagiaan”
Bilingual
-krisanti-

Cerita di atas bisa diakses di https://www.facebook.com/susankrisanti/media_set?set=a.10202680597117271.1073741827.1268774639&type=1

😀. silahkan menikmati..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: