inhale every moment

everything has it's inspiring story

Penceramah yang Oke

 

Biasanya saya menulis ceramah yang saya dengar di bulan Ramadhan. Tahun ini, saya hanya menuliskan satu. Ini saja.

Saya suka cara Pak Quraish Shihab menjelaskan tentang Islam. The best I knew so far. Beliau tak ragu menyatakan bahwa beliau tidak tahu atau tidak yakin, seperti ketika beliau membicarakan tentang KeMahaPengasihan dan Ke MahaPenyayangan Allah . Beliau tidak berkata bahwa orang kafir akan masuk neraka. Beliau berkata bahwa dengan sifat Allah yang demikian, ada kemungkinan bahwa nantinya mereka atau siapapun akan menerima kasih dan sayang dari Allah.

Aku tahu bahwa aku tidak tahu – Socrates

Beliau sempat juga menjelaskan cara mengenalkan Allah pada anak-anak, bahwa yang harus kita ajarkan adalah melalui sifat-sifat Maha Pengasih, Maha Penyayang Allah dan semua sifat-sifat baik Allah. Menunjukkan kegembiraan ketika shalat dan berdoa di depan anak-anak juga perlu menurut Andi Yudha dalam bukunya Creative Parenting.

Nah, statement beliau paling keren, tapi saya parafrasekan,

Allah tidak akan mendatangkan bencana kepada suatu kaum ketika kaum tersebut menjunjung tinggi hak manusia, keadilan dan keberadaban meski kaum tersebut kafir dan merasakan hati yang gelisah. Sebaliknya, Allah bisa mendatangkan bencana pada suatu kaum dimana terdapat kedzaliman dan ketidakadilan meskipun kaum tersebut beragama Islam.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on August 30, 2013 by in Uncategorized and tagged , .
