inhale every moment

everything has it's inspiring story

Cara Mendesain Kartu Nama

Kartu nama itu penting bagi orang yang sering sekali bertemu orang baru setiap hari namun bertemu tidak untuk jangka waktu yang lama.

Di program SSEAYP, suatu program pertukaran pemuda dengan jumlah peserta 320an orang, kartu nama sangatlah penting untuk mengingatkan diri kita pada orang lain begitupun sebaliknya. Tak sekedar fungsi untuk berteman, tetapi juga jaringan bisnis dll. Sangat penting saya rasa untuk meneruskan tali silaturahmi. Bila tiba-tiba ingin merancang rumah, maka bisa dengan mudah melihat2 kembali koleksi kartu nama teman yang berprofesi sebagai arsitek, misalnya. Siapa tahu karena teman akan mendapat harga teman pula. Haha.

TIPS MENDESAIN KARTU NAMA:

Mendesain tidak harus dari nol, tidak harus dari kertas kosong. Pelajaran yang saya  dapat di Arsitektur : Sudah tidak ada lagi yang original zaman sekarang, adanya hanyalah konsep2 baru dari karya2 yang sudah ada sebelumnya.

Apalagi untuk pemula, lebih baik mencontoh dari yang bagus, lalu merevisi sesuai kebutuhan.

Pada umumnya, kartu nama berukuran 5,5cmx9cm. Bila merasa ingin berbeda silahkan, namun ingatlah untuk mempertimbangkan ukuran yang pas agar masuk ke dalam dompet.

Informasi untuk disertakan:

Untuk keperluan bisnis: Nama lengkap, posisi/profesi, alamat kantor, (bila perlu: alamat rumah) nomor telpon kantor, nomor telpon pribadi, email pribadi,  website kantor dan foto formal.

Untuk keperluan berteman: Nama lengkap, Nama panggilan, tanggal lahir, alamat rumah hingga kodepos dan nama negara, nomor telpon, profesi, email pribadi, fb, twitter, foto kasual, blog.

Langkah-langkah:

1. Cari contoh sebanyak banyaknya desain kartu nama.

Bisa di internet atau dimanapun atau bisa juga konsep layout (susunan) yang bagus meskipun bukan kartu nama. Kalau mau mencari via google, kata kuncinya “business card” atau “name card” atau “kartu nama”

2. Pilih desain kartu nama yang paling kamu suka konsepnya, satu atau beberapa.

Saran: pilihlah yang jelas, mudah dibaca oleh orang lain, menarik, tidak banyak hiasan yang tidak perlu dan mencerminkan pribadi Anda.

3. Mulailah mendesain dengan membuat persis contoh kartu nama yang sudah Anda pilih.

4. Lakukan penyesuaian sesuai kebutuhan, bisa coba dengan otak atik posisi kata-kata atau foto atau mengubah warna atau posisi kartu (lansekap/portrait) atau font atau ukuran tulisan/foto, dll.

5. Media untuk mendesain bebas.

Pada umumnya menggunakan komputer agar hasil akhirnya mudah untuk dicetak dan diperbanyak. Bila desain kartu nama tersebut akan digunakan tidak hanya untuk Anda pribadi, lebih baik pakai software yg umum supaya jika diperbanyak, banyak orang yg bisa menggunakan juga, ex. Powerpoint/Photoshop/Corel Draw.

6. Minta masukan

Bagi Anda yang ingin tahu pendapat orang lain mengenai karya Anda, ada baiknya meminta pendapat mereka sebagai input dari desain Anda. Lebih baik lagi jika teman Anda adalah yang mengerti tentang desain atau yang memiliki rasa seni yang baik.

7. Cetak

Anda bisa mencetak di percetakan dengan membawa file kartu nama Anda.

Sekian saran dari saya. Selamat mendesain, karena semua orang adalah desainer. =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 10, 2013 by in Uncategorized and tagged , , , .
%d bloggers like this: