inhale every moment

everything has it's inspiring story

Foolish Story

Just keep moving forward and don’t give a shit about what anybody thinks.

Do what you have to do, for you.
-Johnny Depp

6 November 2011

Di himpunan program studi saya, ada sebuah tradisi bernama Foolih Story alias cerita bodoh. Kegiatan sehari sebelum wisuda ini berupa pengungkapan cerita-cerita bodoh tentang anggota himpunan yang akan wisuda di hari berikutnya. Tujuannya apa ya? Supaya senang dan berkesan kali ya. Banyak peminatnya, banyak yang tertawa dan banyak yang rela duduk lama2 mendengarkan cerita bodoh teman2 mereka sendiri.

Giliranku tiba. Yang berkesan bagiku adalah ternyata yang lebih banyak bercerita buruk tentang diriku adalah temanku yang perempuan dan bukan yang laki-laki.

Tentang gambar profilku di facebook: Lucu-lucu seakan2 aku ingin memberi cap diriku lucu, begitulah kata temanku. Tidak demikian cerita dari sisiku. Gambar profil picture semua itu adalah karena aku tidak boleh memajang gambar diriku. Suatu waktu ketika aku memajang fotoku, seorang ikhwan memberikan pesan di facebook, “Jangan simpan fotomu di profil picture, kamu ga kasian sama ikhwan2?” dan aku sekarang jarang sekali memakai fotoku sebagai prof pic.

Tentang foto dengan kakakku. Aku iri dengan orang lain yang memasang foto dengan semua adik atau kakaknya. Dan sudah takdirlah kakakku cuma satu. Cowo pula. Menurut temanku, itu adalah cara aku memasang rating diriku bahwa suamiku kelak harus seganteng kakakku… hiks…

Hikmahnya, apapun yang saya lakukan, mau  itu sesuatu yang baik, buruk, atau tidak melakukan apapun, semua itu bisa ada yang menilai. Ketika saya melakukan kebaikan, bisa saja saya dipuji atau malah sebaliknya, saya dianggap sok alim. Ketika saya diam pun, saya akan dicap pendiam. Orang lain akan selalu menilai. Dan seringkali mereka menilai hanya berdasarkan pengetahuan mereka. Ada pepatah yang berkata,

“Jauhilah prasangka, karena prasangka adalah perkataan yang paling bohong.” (Bukhari-Muslim)

Ini untukku yang sering berprasangka buruk sih…

“Sesungguhnya Aku bersesuaian dengan persangkaan hambaku, ” Hadist Qudsi.

Ini juga untuk aku yang sering berprasangka buruk kepadaNya…

“Tolonglah orang lain, karena orang lain sedang berada dalam keadaan yang lebih susah darimu.”

Ini out of topic sih, tapi ini untukku yang kadang males bantu orang lain..

Untuk teman-teman saya pada saat foolish story, apapun yang keluar dari mulut kalian mungkin juga adalah apa yang orang lain pikirkan tentang saya. Saya berterima kasih atas kejujuran kalian. Dan bagaimanapun pandangan orang lain, saya memutuskan untuk menjadi diri saya sendiri, dan bila ternyata saya mengikuti kata orang lain, itu karena saya merasa orang itu penting bagi saya.

Terima kasih atas foolish storynya, Ronaldiaz Hartanyo, Atya Zahra, Sri Suryani, Andreas Cornelius Marbun, dan juga semua teman2 saya. Apapun yang telah terjadi, I still love you, no matter what!🙂

Dan, maaf kalau ternyata menulis ini membuat kalian kecewa…

2 comments on “Foolish Story

  1. Nadiya Rahmah
    November 11, 2011

    so this is what u think about your foolnite. Susaaan, jangan diambil hati. toh aku dan yang lain juga tau zahra cuma bercanda soal foto km sama kakak…

    lagi pula kita ngga cerita kejelekan orang, cuma kekonyolan orang (dan memang semua orang juga tau isinya rada dilebih2in juga)

    masalahnya, ngga semua orang harus konyol atau ada cerita konyolnya memang. banyak yang hidupnya lurus2 dan ngga konyol. jadi rada maksa ya. mungkin kalau acara ini banyak dampak buruknya, lebih baik ngga diteruskan ya tradisinya… sulit.

    • krisanti
      November 14, 2011

      aku gapapa ko nad.. menurutku ya itu pandangan orang aja. Maksudku adalah apapun yang kita lakukan, orang bisa selalu menilai.. dan yang penting adalah jadi diri sendiri, mau orang bilang apa.. itu sih sebenarnya letak kesimpulan yang aku dapet..

Leave a Reply

Information

This entry was posted on November 6, 2011 by in Uncategorized.
