inhale every moment

everything has it's inspiring story

200811 – Suatu Dzuhur di Salman

Aku masuk ruang utama masjid Salman dan mendengarkan Pak Aam. Aku membuat refleksi atas materi yang beliau sampaikan. Aku belum bersih. Hatiku masih banyak memikirkan keburukan. Kadang2 aku berkomentar dalam hati tentang buruknya orang/hal yang kulihat. Sebatas dalam hati. Ternyata menurut Pak Aam, itu tak dosa asalkan aku tidak mengeluarkannya dari mulutku. Alhamdulillah tak sering saya bicara, tak sering pula saya tersenyum. Maaf yaaa!! Saya sedang ingin lebih banyak senyum, senyuman yang tulus.

 

Bagaimanapun kau tidak boleh memelihara pikiran2 buruk, Susan. Pikiran buruk akan membawamu pada prasangka. Dan prasangka akan terjawantahkan pada kewaspadaan yang berlebihan, perasaan tidak percaya, tertutup, antipati, dll. Dan kau takkan tenang.

“Aku sesuai persangkaan hambaKu” Yang harusnya ada dalam hati adalah perasaan yang positif. Sehingga yang tercurah dari hati adalah hal2 baik.

 

Dunia itu ada dua, ada dalam diri dan di luar diri. Orang yang hebat adalah orang yang bisa mengendalikan dunia dalam dirinya. Diri yang takkan tergoyahkan oleh apapun yang terjadi diluar dirinya. Yang terpenting baginya adalah bagaimana perbuatannya bagi dirinya dan lingkungannya, dan bukanlah apa yang lingkungan lakukan untuknya.

Dalam dirinya, dia menemukan kebahagiaannya. Kebahagiaan itu berasal dari dirinya. Kebahagiaan itu ketenangan hati yang ia peroleh dari..

Dari apa?

Apa yang membuatnya tenang?

Dari sesuatu yang ia anut. Dari apa yang ia anggap penting. Namun apa yang ia anggap penting bukanlah sesuatu yang bisa dilihat, diraba, didengar secara langsung.

Tuhan. Dan bagaimana ia menempatkan Tuhan di hatinya.

Terlepas dari Tuhan yang mana.. Kuyakin pada pada Tuhan satu yang menciptakan, yang menjaga, yang menyaksikan.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on September 17, 2011 by in Uncategorized.
