inhale every moment

everything has it's inspiring story

What’s the first thing on your mind – 180710

Sambil menonton live streaming LSS di http://lssitb.freeiz.com/, kutulis secarik draft tulisan ini. Sudah lama kuingin menuliskan tentang ini…

What’s the first thing on your mind when you hear the word ‘love’?

I want my answer to be, “Allah”.

Because anyone anything anywhere anytime anyhow will still have the same one God.

Tak peduli apakah kau anak sebatang kara, kau selebritis, kau ditinggal istri, kau baru putus dengan kekasih, kau jatuh cinta, kau patah kaki, kau dalam peperangan di Palestina, kau orang terlincah sedunia, kau mahasiswa arsitektur, kau punya banyak hutang, kau memelihara monyet, kau fans berat Justin Beiber, kau umroh setiap tahun, kau preman kelas teri, kau orang paling sial sedunia, kau terdampar pada reruntuhan kapal di atas samudera, APAPUN ITU,, kau tetap dan kau hanya punya Tuhan.

Akupun seperti kau. Bisa jatuh cinta. Mungkin benar-benar jatuh. Pada seseorang. Lelaki tentunya (wajar dan normal pastinya!). Tapi ya bukan cinta yang sebenar-benarnya. Lalu kuberpikir ulang. Jika aku berlaku baik terhadap  orang ini padahal dia bukan muhrim, maka aku harusnya berlaku lebih baik kepada muhrimku, teman-teman perempuanku. Dan akupun berlaku lebih baik terhadap mereka. Lalu kuberpikir lagi, seharusnya perlakuanku terhadap keluargaku jauh lebih baik daripada kepada teman-temanku.Dan akupun berlaku lebih baik lagi terhadap kakakku, ayah dan ibuku. Lalu kuberpikir lagi, seharusnya aku berlaku lebih baik lagi tehadap Tuhanku. Tuhanku yang memberi orang-orang yang kucinta dan mencintaiku.

Kau tahu? Ayah dan kakakku selalu mengantar kepergianku jika aku keluar rumah lebih dahulu dari mereka. Ayahku akan mengeluarkan motorku, memastikan aku memakai jaket dengan rapi, menanyakan apa aku sudah membawa jas hujan atau tidak, memasangkan helm, menanyakan kapan aku akan pulang. Lalu kakaku keluar rumah juga dan menghampiri dengan pertanyaan yang mirip-mirip. Lalu mereka berkata, “Hati-hati ya neng, pelan-pelan aja.”

Dengan perkataan, “Assalamualaikum” dan jawaban mereka dengan “Waalaikumsalam”, mereka berdua melepasku pergi dengan senyuman hangat. Ketika aku pulang pun sama. Aku yang agak nakal karena cukup sering pulang malam akan disambut oleh Ayah atau Aa yang membukakan pintu. Bila kuterlihat kerepotan, mereka akan menghampiri dan membantuku. Akupun selalu berusaha untuk menyiapkan senyum sebelum membuka helmku dan mulai mengucapkan salam dengan bahasa yang agak manja (since I’m the youngest in the family) dan bersemangat dan antusias. Jujur, sebenarnya aku bisa berusaha lebih baik lagi dengan menyambut mereka ketika mereka pulang atau mengucapkan salam ketika mereka pergi. Aku belum melakukan itu dan hanya menyahut saja ketika mereka bilang akan pergi atau datang dan menanyakan aku dimana karena aku tak terlihat saat mereka datang.

Begitulah cowok-cowok romantis di rumahku.

Tapi aku masih nakal.😛

Yah, mereka menjagaku dengan tak mengizinkan aku pulang malam sendirian. Kadang aku nakal pulang malam-malam. Huh dasar Susan!

Aku perempuan dan tak boleh kemana-mana sendirian atau pulang malam sendiri. Aku tak boleh menjelajah Cirebon sendirian. Tak boleh ikut bertanding Softball di Jakarta. Tak boleh ikut beasiswa ke Jepang, dan lain-lain. Sejujurnya ini menyebalkan. Masa kuharus mengadu pada Tuhan mengapa aku dilahirkan sebagai perempuan? Tentu tidak.

Aku tetap percaya bahwa semuanya adalah untuk kebaikanku juga. Kuhanya harus belajar ikhlas dan berfokus pada semua yang telah kumiliki yang seharusnya kusyukuri. I have the most precious thing in the world. Family.

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah… keluarga
….

Lirik Lagu Keluarga Cemara

2 comments on “What’s the first thing on your mind – 180710

  1. ghani
    September 1, 2010

    this is a sweet one. Alhamdulillah i read this writing of yours.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on July 18, 2010 by in Uncategorized.
