inhale every moment

everything has it's inspiring story

5th Grader Environment Project

KLIK INI!

env

Link berikut adalah kumpulan lembaran hasil studi saya yang berada di kelas 5 SD ketika bersekolah di Moreland Primary School. Studi mandiri sudah mulai diterapkan sejak dini mengenai suatu topic hingga bisa menjelaskan dari mulai definisi dan turunannya. Presentasi yang disyaratkan ketika itu, tak hanya bentuk tulisan seperti ini, tetapi juga presentasi oral yang disertai media presentasi lainnya. Saya memilih semacam maket yang merepresentasikan suasana alam yang ideal dan suasana alam ketika manusia merusaknya. Meski terbata-bata menjelaskan dengan bahasa ketiga ini, Inggris, tapi entah mengapa membuat guru saya, Mrs. Charuckyj memberi nilai 10 out of 10 untuk presentasi oral ini. Hingga keseluruhan mendapatkan 100 ketika digabung dengan makalahnya.

Maksud saya mengunggah ini adalah untuk menyampaikan bahwa orang Indonesia itu berkompeten di dunia ini. Aku yakin, jika Anda yang ada di posisi saya, maka Andapun akan melakukan hal yang sama.

Saya sangat senang belajar ketika itu. Mengapa? Mungkin karena fasilitasnya. Saya diantar ayah ke berbagai perpustakaan umum yang nyaman dan gratis. Buku yang terpampang dengan jumlah banyak, menarik dan berisi, disambut dengan kenyamanan membaca dan dilengkapi dengan internet, dan fotokopi berwarna. Yeah,, learning is fun! Saya kaget ketika menemukan buku berjudul Lutung Kasarung berukuran besar dan hardcover yang penampilanya persis dengan buku-buku Disney di barisan buku Indonesia di perpustakaan umum ini.

Guru sangatlah apresiatif. Memberikan stiker dan pujian ketika suatu pekerjaan selesai dilaksanakan. Ada penghargaan pupil of the week tiap minggu. Semua karya siswa dipajang dan dibanggakan sebagai hiasan disana dan disini. Ada pula hall of fame untuk murid-murid tiap kelas, baik itu yang bisa melafalkan perkalian, berhitung tercepat dan lain sebagainya. Sertifikat pun berseliweran bagi siswa yang pantas mendapatkannya. Banyak jumlahnya! Saya dapat sertifikat izin memakai bolpoin. Pen License –Lucu ya..- setelah guru saya mengecek kelayakan tulisan saya ketika memakai pensil. Learning was fun at the time… No no no.. harusnya Learning is fun and still is! Versi Kandi, Learning is fun, but studying isn’t.

Kalo sekarang di Indonesia? Mungkin ga bisa ada perpustakaan daerah yang dengan cepat hadir, karena di perguruan tinggipun tak sefleksibel itu akses terhadap ilmu pengetahuan. Tapi, dengan akun facebook yang dimiliki oleh anak SD di Indonesia yang banyak jumlahnya itu, membuktikan bahwa akses mereka terhadap internet amatlah mudah! Yah, amatlah MUDAH! Hanya tinggal diarahkan ke arah yang benar!

Sakit bukan halangan… Naon deuih…

Oh iya.. project saya ini teh tentang lingkungan. Geus bosen urang mah jeung nu kararitu.. Yah udah sebel lah ama wacana dan segala info ttg itu.. udah tau banyak,, tapi belum melakukan banyak! Yah bosen pokona mah… Assalamualaikum… (keur liuer).. Hapunten abdi…

Leave a Reply

Information

This entry was posted on July 7, 2010 by in Uncategorized.
